GHIBAH

Standard

Mutiara pagi!

•••Assalamu’alaikum

Ghibah (menggunjing atau menggosip). Sebagaimana didefinisikan oleh Rasulullah SAW, bhw ghibah adalah jika , “Engkau menyebut / menceritakan saudaramu dgn ucapan yg (jika dia di depanmu) dia akan membencimu…”

(HR. Imam Muslim).

Ditinjau dari segi HUKUM, ghibah adalah HARAM. Allah mengumpamakan orang yg doyan me-ghibah adalah mereka yg senang memakan daging saudaranya yg sudah mati.

Firman Allah, “Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yg lain. sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yg sudah mati? Maka tentunya kamu merasa jijik kepadanya……”

(Al-Hujurat: 12)

Saat ini, ghibah telah menjadi sesuatu yg dikomersialkan, dan disenangi oleh sebagian orang. Acara infortainment adalah jenis ghibah di era modern. Cukuplah firman Allah di atas sbg teguran bagi kita utk menjauhi prilaku ghibah ini, apapun wujud perubahannya.

Sepertinya kebanyakan manusia telah terseret ke lembah ke-HINA-an lisan. Betapa mudah mereka mengumbar kata2, tanpa mempertimbangkan efek sampingnya, apakah itu membawa MASLAHAH (kebaikan), atau, justru sebaliknya, MAFSADAT (keburukan).

Lisan seseorang adalah merupakan cerminan dari baik dan buruk dan cerminan kualitas iman seseorang.

Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan lurus iman seorang hamba shg lurus hatinya, dan tidak akan lurus hatinya, shg lurus lisannya. Dan seseorang tidak akan masuk surga apabila tetangganya tidak merasa aman dari kejahatan lisannya.”

(HR. Imam Ahmad dan selainnya) ;

Wallahualam bishowab………

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s